Langsung ke konten utama

PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI DUNIA KULINER DI MASA PANDEMI


Assalamu’alaikum hola sahabat blogger:) Gimana nih kabar kalian semua? Semoga hari-harinya menyenangkan ya, pastinya donggg.

Mengingat bahwa media teknologi saat ini merupakan sebuah alat yang tidak asing di dengar oleh telinga manusia dan dengan keberadaannya memiliki pengaruh yang cukup besar dalam memenuhi kebutuhan aktivitas manusia sehari-hari. Sehingga tidak heran bahwa semua kegiatan manusia saat ini memanfaatkan dan menggunakan teknologi sebagai alternatif dalam memenuhi semua kebutuhan dan keberlangsungan hidup. Ditambah situasi dan kondisi yang terjadi di masa pandemi COVID-19 dan seiringnya perkembangan zaman membuat media teknologi atau media digital memiliki peranan yang cukup besar dalam mendukung berbagai aspek kehidupan manusia, baik dari segi ekonomi, politik, dan lain sebagainya. 

Membahas seputar media teknologi atau media digital dalam segi ekonomi di masa pandemi sekaligus di era disrutif seperti ini, menuntut dan mengharuskan para pengusaha muda untuk tidak manja terhadap perkembangan digital loh!

Dimana para pengusaha harus dapat bersikap dan berpikir yang kreatif dan inovatif demi membawa bisnis dan usaha mereka kepada kemajuan teknologi informasi dan komunikasi seperti saat ini. Dengan berkembangnya zaman yang serba canggih, membuktikan bahwa keberadaan media digital sangat berperan penting dalam dunia kewirausahaan, misalnya dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk dapat memberikan informasi dan dapat menjadi salah satu alternatif pilihan dalam menentukan strategi marketing seperti apa yang akan digunakan dalam mempromosikan usaha atau bisnis yang sedang di jalankannya. 

Dalam artikel kali ini, mari bersama-sama membahas dan memahami mengenai apa itu digital marketing dan pemanfaatannya bagi kemajuan para pengusaha muda yang berminat untuk memulai dan terjun dalam berwirausaha sekaligus mengetahui apa saja tantangan dan strategi yang digunakan.

Apa sih itu Digital Marketing?

Digital Marketing merupakan suatu kegiatan dalam melakukan pengenalan barang atau produk maupun jasa ke masyarakat luas dengan menggunakan sistem media teknologi atau digital. Istilah digital marketing ini semakin ramai dikenal di kalangan masyarakat seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih. Padahal media teknologi atau media digital ini telah ada dan digunakan sejak tahun 1910 oleh salah satu stasiun radio dalam menyiarkan informasi secara langsung dengan bantuan sebuah alat teknologi, seperti radio ini. Dengan semakin canggihnya perkembangan zaman bagi suatu media digital tidak terlepas dari lahirnya internet ke dunia, dimana dengan lahirnya internet membuat media digital semakin bertaring di kancah dunia. Banyak manfaat yang dapat dirasakan manusia dengan lahirnya internet yang membuat media digital semakin canggih, yakni dapat menjadi alat komunikasi serta dapat memudahkan dalam menyampaikan sebuah informasi khususnya informasi seputar dunia usaha sebagai alternatif dalam melakukan pengenalan atau melakukan promosi terhadap barang atau produk dengan mudah dan cepat.

Dengan seiring berkembangnya zaman, media digital pun kian semakin canggih dalam melakukan pemasaran produk usaha kuliner dan membuat upaya-upaya pemasaran produk secara konvensional menjadi tidak efektif dan efisien lagi. Seperti melakukan pemasaran produk pada acara-acara tertentu yang dimana hal itu sangat menghabiskan waktu. Hal itu terbukti dengan maraknya usaha – usaha online yang saling berlomba untuk dapat bertahan dan disukai oleh para pemakai media digital. Maka saatnya para pengusaha muda harus dapat maju dan berkembang mengikuti perkembangan zaman di era digital seperti saat ini demi menarik perhatian konsumen agar usaha yang sedang dijalankan dapat sukses dan sesuai dengan yang diharapkan. Ditambah dengan situasi pandemi seperti sekarang, menuntut manusia untuk dapat bekerjasama dengan media digital agar dapat bertahan hidup ditengah kondisi yang serba terbatas. Maka dengan itu para pengusaha muda saat ini menggunakan digital marketing untuk dapat mempertahankan usahanya juga sebagai alternatif dalam menyampaikan informasi seputar kewirausahaan, seperti dalam bidang kuliner.

Next.. Bagaimana si Pemanfaatan Digital Marketng dalam Dunia Kuliner?

Bagi para pengusaha yang bergerak di dunia kuliner dapat memanfaatkan media digital seperti blog atau media sosial lainnya untuk memberi tahu keberadaan usahanya kepada masyarakat melalui jajaring internet. Blog atau media sosial lainnya merupakan salah satu alternatif yang paling efektif dan efisien dalam melakukan pemasaran digital agar dapat mengembangkan usaha atau bisnis yang sedang dirintis. Misalnya para pengusaha dapat memanfaatkan blog untuk memberikan dan mencari berbagai resep-resep makanan yang nantinya dapat diolah kembali sesuai dengan kekreatifitasan yang dimiliki, sehingga nantinya dapat menjadi salah satu daftar menu baru dalam usaha kulinernya, tidak hanya itu para pengusaha juga dapat memanfaatkan blog dan media sosial lainnya (seperti instagram, tiktok, youtube, aplikasi online dan lain-lain) sebagai media pemasaran dan penjualan produk – produk makanan yang di tawarkan dalam usaha atau bisnis mereka.

Para pengusaha dapat memilih diantara kedua media digital seperti yang telah di sampaikan sebelumnya untuk mempromosikan penjualan produk makanan.

Akan tetapi mimim menyarankan para pengusaha memilih Instagram sebagai digital marketing dalam usaha kulinernya. Mengapa?.... dikarenakan Instagram memiliki daya tarik tersendiri di berbagai kalangan, baik kalangan remaja sampai kalangan orang tua melalui fitur–fitur yang canggih dan modern.

Selain itu, dengan adanya media digital dalam layanan pesan antar online sangat bermanfaat dan sangat membantu bagi para pengusaha di dunia kuliner di masa pandemi COVID-19 untuk tetap dapat eksis dalam berwirausaha. Karena layanan ini banyak dipilih masyarakat untuk membeli dan memilih kebutuhan hidupnya, seperti membeli dan memilih makanan yang diinginkan dengan menggunakan sebuah aplikasi online yang menawarkan jasa pesan antar yang dapat langsung sampai ketempat tujuan dengan efektif dan efisien dalam segala hal tanpa harus keluar rumah untuk membeli keperluan yang dibutuhkan.

Tantangan dan Strategi dalam Digital Marketing yang Harus Disiapkan Para Entrepreneur!

Dengan segala kemudahan yang telah didapatkan para entrepreneur atau pengusaha dalam memanfaatkan digital marketing membuat semuanya terlihat cukup mudah dalam mengembangkan usaha atau bisnis yang tengah mereka jalankan. Tetapi nyatanya itu semua dilakukan dengan penuh tantangan untuk membuat usaha atau bisnis tersebut tetap eksis dan maju, apalagi ditengah pandemi COVID-19 yang merubah tatanan perekonomian para entrepreneur atau pengusaha. Sehingga para pengusaha harus dapat secara maksimal dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan agar usaha dan bisnis dapat terus eksis di era disrutif ini dengan bijak dan cerdas dalam menggunakan media digital sebagai alternatif melakukan strategi marketing.

Beberapa tantangan yang sering dihadapi para entrepreneur dalam digital marketing di dunia, seperti terkendala dalam mengantar pesanan makanan dan minuman juga terkadang banyak kejadian yang tidak diinginkan, seperti makanan yang tidak sengaja terguncang saat diperjalanan sehingga membuat penyajian makanan berubah bentuk. Kemudian hal itu membuat banyak konsumen yang komplen terhadap layanan yang disajikan usaha kuliner tersebut. Maka sebagai pengusaha yang ingin usahanya maju harus belajar dalam membuat sajian pesan antar agar tetap berkualitas sampai di tangan konsumen.

Selain itu dengan maraknya digital marketing menggunakan media sosial contohnya blog, Instagram dan lain-lain membuat usaha di dunia kuliner dapat dengan mudah ditiru oleh pengusaha lain. Sehingga kita harus dapat berkreasi dalam menciptakan dan membuat suatu produk makanan agar dapat dikenal dan dapat menarik perhatian masyarakat.

Kemudian banyak strategi yang dapat dilakukan demi menunjang keberhasilan usaha kuliner, seperti para pengusaha dapat merambah produk makanan dan minuman mereka menjadi Go Online. Selanjutnya harus mampu membuat konten produk makanan yang menarik dan copywriting yang mendukung sekaligus perhatikan kualitas foto produk makanan tersebut. Dan yang terakhir dapat memperkenalkan usaha kuliner melalui website loh..yak dengan website atau blog para pengusaha dapat menawarkan produk usaha kuliner mereka sekaligus dapat belajar menjadi seorang blogger loh😊

Contohnya dapat kalian buka website https://holalfiofrecipes.blogspot.com/ untuk melihat berbagai resep makanan-makanan yang dapat dijadikan referensi menu baru bagi usaha kuliner kalian 😊

Mungkin sekian yang bisa mimin berikan..Oh iya untuk para pengusaha muda semangat terus yaa dalam mencari jati diri menjadi seorang entrepreneur dan menjadi pejuang cuan xixixi…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menyusun Rencana Bisnis Sebelum Berbisnis

Rencana Bisnis Assalamu’alaikum hola sahabat bloger semua. Aku harap kalian semua sehat-sehat selalu dan selalu dalam lindungan-Nya aamiin… Oiyaa gimana nih pada kangen ga sama aku? Jujurly, aku kangen loh sama kalian semua xixixi. Sebenarnya banyak resep-resep makanan baru loh yang pengen aku sharing ke kalian semua, khususnya sahabat blogger mimin yang setia dari awal blog ini dibuat hehe…tapi tunggu sekejap yak, soalnya masih banyak tugas kuliah yang menunggu..sayangnya yang nungguin mimin itu tugas bestie bukan ayang ☹ huft lemes bestie xixixi Yaps kali ini aku pengen sharing-sharing seputar dunia bisnis nih, mimin harap dengan artikel ini dapat memb antu dan memperlancar kalian yang ingin memulai terjun ke dunia bisnis, SEMANGAT!!! Oke sebelum memulai bisnis, tentunya kita harus paham nih Apa, Mengapa dan Bagaimana menyusun Rencana Bisnis yang baik agar bisnis nantinya dapat berjalan dengan efektif dan tentunya sesuai dengan yang diharapkan. Pertama yang kita harus pah

Membangun Citra dan Reputasi yang Baik Bagi Suatu Universitas Sangat Penting Loh! Tapi Bagaimana Si Caranya?...

Assalamu'alaikum hola sahabat blogger :) Gimana nih kabar kalian semua? Jangan bosen – bosen ya ngeliat seliweran artikel dari aku, xixixi. Oiya sebelumnya kalian sudah kenal aku kan ya… kalau belum parah banget si ☹ yaudah sini – sini yuk kita saling kenal, jangan sedih gitu dong hehe. Iya benarr aku Alfi..bisa kalian liat sendiri nii dari link blog aku namanya holalfi of recipes . Dimana blog ini adalah curahan salah satu kemampuan yang aku miliki di bidang masakan. Aku seorang mahasiswi dari salah satu Universitas negeri di Jakarta loh, yakni Universitas Negeri Jakarta. Wiii keren bukan? Hihi…Masya Allah😊. Menurut aku membangun citra dan reputasi Universitas sangat penting loh, khususnya dalam memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Apalagi kita – kita ini, khususnya aku pribadi adalah seorang mahasiswi yang harus bisa menjaga image sebuah Universitas yang sedang aku tempuh ini. Dimana dengan kita menjaga dan membangun citra dan reputasi yang baik bagi suatu Universitas d