Langsung ke konten utama

Membangun Citra dan Reputasi yang Baik Bagi Suatu Universitas Sangat Penting Loh! Tapi Bagaimana Si Caranya?...


Assalamu'alaikum hola sahabat blogger :) Gimana nih kabar kalian semua? Jangan bosen – bosen ya ngeliat seliweran artikel dari aku, xixixi.

Oiya sebelumnya kalian sudah kenal aku kan ya… kalau belum parah banget si yaudah sini – sini yuk kita saling kenal, jangan sedih gitu dong hehe.

Iya benarr aku Alfi..bisa kalian liat sendiri nii dari link blog aku namanya holalfi of recipes. Dimana blog ini adalah curahan salah satu kemampuan yang aku miliki di bidang masakan. Aku seorang mahasiswi dari salah satu Universitas negeri di Jakarta loh, yakni Universitas Negeri Jakarta. Wiii keren bukan? Hihi…Masya Allah😊.

Menurut aku membangun citra dan reputasi Universitas sangat penting loh, khususnya dalam memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia. Apalagi kita – kita ini, khususnya aku pribadi adalah seorang mahasiswi yang harus bisa menjaga image sebuah Universitas yang sedang aku tempuh ini. Dimana dengan kita menjaga dan membangun citra dan reputasi yang baik bagi suatu Universitas dalam masyarakat, Insya Allah nantinya ilmu yang kita dapat ini menjadi berkah dan bermanfaat bagi diri kita juga bagi orang lain. 

Kenapa si kita harus benar – benar dalam membangun citra dan reputasi yang baik bagi suatu Universitas, baik Universitas Negeri maupun Swasta?

Karena dengan kita diberikan kesempatan dan amanah untuk dapat mengenyam dunia pendidikan dengan level yang jauh lebih tinggi yakni di sebuah Universitas merupakan sebuah impian dan cita – cita bagi banyak orang diluaran sana yang kesulitan untuk dapat menikmatinya. So, dengan begitu kita harus bisa menjaga amanah yang sudah Tuhan berikan kepada kita melalui pendidikan di Universitas.

Sebagai contoh, jika kita memiliki sebuah bisnis pastinya kita memperhatikan brand atau merek dari produk bisnis kita bukan? Nah dengan kita bisa menjaga dan terus memperhatikan brand atau merek dari produk kita, itu dapat membuat dan membantu konsumen dalam memilih produk yang baik. Karena konsumen biasanya melihat bagaimana suatu bisnis dapat menjaga brand produknya, walaupun produk yang kita pasarkan tidak jauh berbeda dengan produk – produk lainnya, tapi pasti ada ciri khas yang bisa dilihat dan dirasakan konsumen. Misalnya makanan, konsumen bisa melihat seberapa suatu bisnis menjaga kehigenisan makanan yang mereka jual. Dengan suatu bisnis menjaga hal tersebut, itu sudah menjadi poin penting dalam memikat selera konsumen.

Sama dengan halnya dalam dunia kampus, dimana para calon mahasiswa biasanya melakukan seleksi terhadap beberapa Universitas yang nantinya akan menjadi kampus tepat dia mengenyam pendidikan. Salah satu bentuk seleksi yang dapat dilakukan bagi para calon mahasiswa yakni dengan melihat citra dan image Universitas tersebut di dalam lingkungan masyarakat. Dengan suatu Universitas yang memiliki high brand image, tentunya Universitas tersebut akan banyak dilirik dan dipilih oleh para calon mahasiswa, dibanding mereka harus memilih Universitas dengan low brand image. Karena biasanya citra dan reputasi dengan kualitas yang baik dan tinggi, akan berpengaruh kepada mutu pendidikan yang diberikan oleh kampus nantinya.

Seperti salah satu Universitas di Eropa, yakni London Business School. Dimana Universitas ini memiliki branding yakni dapat menarik biaya 5 kali lebih besar daripada institusi lainnya dengan memiliki peringkat yang lebih rendah meskipun kurikulum yang ditawarkan sama. Menurut penelitian dalam melihat pergerakan statistik Usia Universitas di Eropa bahwa keunggulan suatu Universitas memiliki reputasi yang baik ditunjukkan oleh usia Universitas dan gaya bangunan dari Universitas tersebut.

Perguruan tinggi dengan perusahaan memiliki kesamaan dalam menarik pangsa pasar. Dimana pangsa pasar ini dimanfaatkan oleh suatu perguruan tinggi dan perusahaan dalam menarik perhatian peminat dan sebagai sebuah pesaingan reputasi. Perguruan tinggi memiliki berbagai fakultas dan jurusan yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk menarik pangsa pasar. Namun berbeda halnya dengan Universitas London School of Economics (LES), dimana citra dan reputasi tidak ditentukan oleh lokasi dan usia Universitas tersebut, melainkan dilihat pada prestasi akademik dan kontribusi intelektual dalam bentuk ide – ide sosial dan politik.

Lantas apa saja strategi yang harus disiapkan dan dijalankan suatu Universitas dalam membangun citra dan reputasinya?

Simak berikut beberapa strategi yang dapat disiapakan dan djilankan, sebagai berikut:

1. Public Relation (humas), disini humas sangat berperan penting dalam promosi Universitas jika reputasi Universitas merupakan aset utamanya. Dalam melakukan hal tersebut, biasanya membutuhkan strategi dan keterampilan manajemen dalam melakukan promosi yang dapat menggunakan TV, radio, surat kabar, website, dan media sosial.

2. Melakukan kegiatan open house, dimana kegiatan ini berarti kita mengundang pelanggan atau para calon mahasiswa disertai dengan undangan ke media massa dan melalui pembentukan opini yang dirancang sedemikian rupa untuk memperkuat dan memperluas citra akademik.

3. Memanfaatkan art center, theater, science park, conference center, sebagai upaya horizontal branding untuk memperkuat Universitas dengan berbagai aspek non akademik dalam rangka promosi.

4. Berkaitan dengan penampilan luar Universitas, yakni dengan cara meningkatkan citra visual Universitas, sehingga Univesitas tidak terlihat kumuh.

5. Terciptanya “kampus menarik yang terawat”, dengan begitu dapat menjadi nilai jual yang penting bagi pelanggan eksternal, sehingga dapat memberikan keyakinan bahwa Universitas dapat dikelola dengan baik sehingga dapat menjadi kebanggan bagi pelanggan.

6. Memiliki kualitas staf yang membantu, positif, dan ramah serta memiliki moral dan prinsip yang baik, sehingga dengan begitu dapat menarik perhatian para calon mahasiswa untuk dapat memilih dan menentukan Universitas tersebut.

7. Mampu menunjukkan dan memperlihatkan ruang lingkup kampus dengan baik kepada para calon mahasiswa, seperti dengan meletakkan semua sarana dan prasarana dengan baik dan sesuai dengan fungsinya. Misalnya tau bagaimana meletakkan dan menunjukkan gedung fakultas, kantin gedung, parkiran, serta mampu memberikan pelayan yang baik.

Dengan memiliki citra dan reputasi yang baik bagi suatu Universitas, dapat memperkuat posisi Universitas di masyarakat. Sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi para calon mahasiswa yang berminat dalam memilih Universitas yang diimpikannya. Dengan begitu, Universitas harus mampu berinvestasi dalam membangun reputasi publik yang dapat memperkuat posisinya dan imagenya di masyarakat luas.

Nah begitulah pentingnya menjaga dan membangun citra dan reputasi Universitas bagi kita, khususnya aku yang masih menjadi seorang mahasiswa semester 2 ini. Karena dengan kita menjaga dan membangun citra dan reputasi yang baik bagi Universitas kita, tentunya akan membuat ilmu dan pengalaman yang kita dapati ini menjadi bermanfaat dan berkah.

Doain mimin bisa menyelesaikan study S1 Akuntansi mimin di Universitas Negeri Jakarta ya sahabat – sahabat bloggernya mimin😊

Sekian dulu artikel dari mimin, semoga kita bisa sama – sama memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia! Semangat!

Thanks for reading sahabat blogger, Wassalamu’alaikum Wr.Wb. 




Sumber:

https://www.academic-life.net/

Komentar

  1. Sangat informatif artikelnya,semangat terus upload artikel selanjutanyaa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI DUNIA KULINER DI MASA PANDEMI

Assalamu’alaikum hola sahabat blogger:) Gimana nih kabar kalian semua? Semoga hari-harinya menyenangkan ya, pastinya donggg. Mengingat bahwa media teknologi saat ini merupakan sebuah alat yang tidak asing di dengar oleh telinga manusia dan dengan keberadaannya memiliki pengaruh yang cukup besar dalam memenuhi kebutuhan aktivitas manusia sehari-hari. Sehingga tidak heran bahwa semua kegiatan manusia saat ini memanfaatkan dan menggunakan teknologi sebagai alternatif dalam memenuhi semua kebutuhan dan keberlangsungan hidup. Ditambah situasi dan kondisi yang terjadi di masa pandemi COVID-19 dan seiringnya perkembangan zaman membuat media teknologi atau media digital memiliki peranan yang cukup besar dalam mendukung berbagai aspek kehidupan manusia, baik dari segi ekonomi, politik, dan lain sebagainya.  Membahas seputar media teknologi atau media digital dalam segi ekonomi di masa pandemi sekaligus di era disrutif seperti ini, menuntut dan mengharuskan para pengusaha muda untuk ti

Menyusun Rencana Bisnis Sebelum Berbisnis

Rencana Bisnis Assalamu’alaikum hola sahabat bloger semua. Aku harap kalian semua sehat-sehat selalu dan selalu dalam lindungan-Nya aamiin… Oiyaa gimana nih pada kangen ga sama aku? Jujurly, aku kangen loh sama kalian semua xixixi. Sebenarnya banyak resep-resep makanan baru loh yang pengen aku sharing ke kalian semua, khususnya sahabat blogger mimin yang setia dari awal blog ini dibuat hehe…tapi tunggu sekejap yak, soalnya masih banyak tugas kuliah yang menunggu..sayangnya yang nungguin mimin itu tugas bestie bukan ayang ☹ huft lemes bestie xixixi Yaps kali ini aku pengen sharing-sharing seputar dunia bisnis nih, mimin harap dengan artikel ini dapat memb antu dan memperlancar kalian yang ingin memulai terjun ke dunia bisnis, SEMANGAT!!! Oke sebelum memulai bisnis, tentunya kita harus paham nih Apa, Mengapa dan Bagaimana menyusun Rencana Bisnis yang baik agar bisnis nantinya dapat berjalan dengan efektif dan tentunya sesuai dengan yang diharapkan. Pertama yang kita harus pah